Selasa, 27 Desember 2011

Waspada Komponen Rawan Karat, Akibat musim hujan

Waspada Komponen Rawan Karat


Pakai part asli memang lebih baik ketimbang part aspal. Selain awet, kwalitasnya juga terjamin. Tapi saking awetnya, kadang pemilik motor lupa sama kondisinya. Contoh bila baut pengikat sudah macet, sehingga susah pada saat mau dibuka untuk melakukan pergantian.

Biasanya problem ini akibat lupa kontrol karena tampilan luar masih bagus dan enak dipakai. Akibatnya baut pengikat jadi lengket dan susah waktu mau dibuka, seperti terjadi pada komponen bagian cakram depan atau belakang. Sehingga kadang butuh cairan penetran untuk mengatasinya.

Kondisi ini terjadi karena korosi pada ulir baut bagian dalam yang mengakibatkan karat jadi bikin susah ketika mau dibuka. Apalagi korosi disebabkan genangan air hujan dan kotoran yang melekat. Atau air dari bekas cucian yang bercampur sabun. Sehingga reaksi kimia tadi membuat kedua komponen sulit dilepas.

Menghindari kondisi ini, ada baiknya kontrol komponen tersembunyi di antara komponen yang dipasang setiap saat. Agar korosi di bagian dalam tidak semakin parah. Lakukan pengecekan setiap 6 bulan atau setahun sekali biar enggak terjadi korosi. Semua dapat dilakukan tanpa harus ke bengkel.

Tidak ada komentar:

Cloudns