Rabu, 07 Desember 2011

PEMERIKSAAN BLOCK CYLINDER HONDA SUPRA


PEMERIKSAAN SILINDER/TORAK
SILINDER
Periksa dinding silinder terhadap goresan dan
keausan. Ukur dan catat diameter dalam silinder
pada tiga tempat ketinggian pada poros x dan y. Ambil
pembacaan maksimum untuk menentukan keausan
silinder.
Add caption
Add caption
Add caption

BATAS SERVIS  47,5mm                                                                               
Hitung jarak kerenggangan antara torak dan cincin
torak. Ambil pembacaan maksimum untuk menentukan
jarak kerenggangan. Lihat hal 8-5 untuk
pengukuran diameter luar torak.
STANDAR : 0,15 mm
Hitung ketirusan dan kesimetrisan pada tiga
ketinggian pada poros x dan y. Ambil pembacaan                                                  
maksimum untuk menentukan ketiganya.
BATAS SERVIS                                                                                                   
Ketirusan : 0,10 mm
Kesimetrisan : 0,10 mm
Silinder harus dibubut kembali dan torak diganti
dengan yang oversize jika batas servis sudah
terlewati. Torak-torak oversize yang tersedia adalah
seperti berikut :
- 0,25 mm                                                                                                           
- 0,50 mm
- 0,75 mm
- 1,00 mm
Jarak kerenggangan antara silinder dengan torak
untuk torak oversize harus 0,010 - 0,040 mm.
Periksa bagian atas silinder terhadap adanya
perubahan bentuk.
BATAS SERVIS : 0,05 mm
ATAS

PEMBONGKARAN KOMPONEN KEPALA SILINDER





  Lepaskan kuku-kuku pegas klep dengan menggunakan
peralatan khusus seperti terlihat pada gambar.
KUNCI PERKAKAS
Valve spring compressor 07757-0010000
Valve spring compressor attachment 07959-KM 30101
PERHATIAN :
Untuk menjaga pengurangan gaya pemegasan,
jangan menekan pegas-pegas klep lebih dari yang
diperlukan pada saat melepaskan kuku-kuku klep.
Lepaskan bagian-bagian berikut ini :
- Pegas penahan
- Pegas-pegas klep bagian luar dan dalam.
- Klep.
- Sil tangkai klep.
- Dudukan pegas klep.

Senin, 05 Desember 2011

Bedah Teknologi Injeksi Supra X 125 & Spacy

Teknologi Injeksi Honda, Lebih Smart Jumlah Sensor Dipangkas

Piranti pengkabutan bahan bakar elektronik injeksi PGM-Fi di Honda Supra X 125 Helm In dan Spacy sudah sampai pada step 4. Sesuai tingkatannya, yang ini lebih maju ketimbang versi 3 yang dipakai pada Honda PCX 125 dan CBR 250R.

Lalu apa bedanya? Paling mencolok adalah dimensinya yang lebih kecil dan jumlah sensornya yang disederhanakan. "Ada beberapa sensor yang dihilangkan tapi fungsinya digantikan oleh sensor yang lain,"
Pada generasi sebelumnya ada 6 sensor yaitu; Manifold Absolute Pressure (MAP), Intake Air Temperature (IAT), Throttle Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT) atau Engine Oil Temperature (EOT), Crankshaft Position (CKP) dan O2 Sensor.

Sedang pada generasi terbaru ini MAP dan IAT ditanggalkan, fungsinya digantikan oleh CKP dan O2 Sensor. "Yang ini lebih advance, ternyata fungsinya bisa disatukan,"

Fungsi MAP adalah untuk mendeteksi tekanan udara dalam intake manifold, sedang IAT melacak suhu udara yang masuk. Informasi ini kemudian menjadi acuan Electronic Control Modul (ECM) menentukan banyak sedikitnya bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor agar komposisi udara dan bensin selalu ideal.

Nah, sekarang fungsi keduanya digantikan oleh umpan balik dari O2 sensor. ECM secara terus menerus akan menyesuaikan komposisi udara dan bensin yang disemprotkan sesuai dengan hasil pembakaran yang terdeteksi oleh O2.

Selain itu, sebelumnya MAP juga punya fungsi lain yaitu untuk mendeteksi kapan terjadi pembakaran untuk memberikan perintah pengapian. "Kini fungsinya digantikan oleh CKP. ECM mendeteksi waktu pembakaran dengan membaca putaran crankshaft yang sedikit melambat saat langkah kompresi,"

Akhirnya, Throttle Body pada sistem injeksi terbaru dari Honda ini jadi lebih simpel. Hanya ada TPS saja, TPS ini berfungsi untuk mengukur derajat bukaan katup kupu-kupu di dalam throttle body. 

Hal ini juga lah yang membuat harga injeksi Honda generasi terbaru jadi lebih ramah di kantong. Jumlah sensor yang ternyata bisa dikurangi tapi tetap memiliki fungsi sama tentunya mengurangi biaya produksi.

Teknologi Injeksi Honda , Fast Idel Selenoid Valve Untuk Safety Matik

Throttle body dari perangkat injeksi step 4 yang dipakai Honda Supra X125 PGM-FI Helm In dan Spacy Helm In PGM-FI memang lebih simpel. Ada dua sensor yang dihilangkan dan fungsinya digantikan oleh sensor lain,
Meski cuma ada injektor, tapi di Spacy Helm In PGM-FI ada satu perangkat tambahan. Namanya FISV alias Fast Idel Selenoid Valve.
"Ini adalah perangkat untuk memudahkan proses starter saat awal mesin dihidupkan. Fungsinya mirip auto choke," Alat yang terpasang berdekatan dengan Throttle Position Sensor (TPS) itu fungsinya sama seperti cuk otomatis, yaitu untuk mempermudah proses penyalaan motor ketika pertama dihidupkan dengan menambah pasokan bahan bakar.
Logikannya, ketika mesin sulit dinyalakan maka pengendara akan membuka throttle atau selongsong gas lebih dalam agar suplai bahan bakar jadi lebih banyak. Efek buruknya, putaran mesin langsung melengking tinggi.
Pada sepeda motor jenis bebek atau sport yang transmisinya bisa dinetralkan mungkin tak ada masalah. "Tapi pada skubek, kalau digas bisa langsung jalan. Tentunya bahaya,"
"Jadi meski sebenarnya tanpa FISV pun tetap mudah hidup, tapi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan alat ini tetap ditambahkan pada skubek dengan transmisi CVT,"

Sabtu, 03 Desember 2011

bagi anda yang membutuhkan buku rekayasa perangkat lunak kelas x, silhakan download dengan mengklik tautan link di bawah ini
http://bse.invir.com/smk/smk10%20RekayasaPerangkatLunak%20Aunur.zip

Kamis, 01 Desember 2011

SOAL-SOAL SISTEM PENGGERAK DAN PEMINDAH GIGI


SOAL-SOAL SISTEM PENGGERAK DAN PEMINDAH GIGI

1          persaratan yang harus di miliki oleh sebuah unit kopling adalah
             a. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi
             b. dapat melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi
             c. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi secara
                 berangsur-angsur dan merata tanpa hentakan
             d. jawaban a,b,c betul semua
2          secara garis besar ada berapakah bagian kopling manual…….
             a. 2
             b. 3
             c. 4
             d. 5            
3          di bawah ini merupakan komponen-komponen bagian kopling yang
             terdapat pada clutch outer drum kecuali
             a. pressure plate
             b. friction plate
             c. steel plate
             d. lifter rod              
4          pada saat handle kopling di tekan clutch lifter menahan pressure plate
             melalui lifter plate, hal ini akan menghasilkan terjadinya
             kerenggangan antara plat kopling dan kampas kopling, sehingga doni-marsas.blogspot.com
             putaran mesin menuju transmisi dan roda belakang terputus
             pernyataan di atas menunjukan prinsif kerja kopling………….
             a. kopling otomatis
             b. kopling ganda
             c. kopling manual
             d. kopling kering
5          bagian kopling manual yang berputar mengikuti putaran poros engkol
             adalah………………
             a. clutch outer
             b. clutch disk
             c. clutch center
             d. clutch plate 
6          arti dari Clutch Assy adalah ….
             a. Kopling dalam satu set
             b. Komponen – komponen kopling
             c. Komponen kopling yang harus diganti saat pembongkaran
             d. Kopling dengan sumber tenaga dari mesin
7          ada berapakah jumlah friction plate (kampas kopling) pada sepeda
             motor honda supra x……………………
             a. 3 buah
             b. 4 buah
             c. 6 buah
             d. 5 buah
8          berapakah setandar ketebalan dari friction plate untuk sepeda motor
             honda supra x
             a. 2,3 mm
             b. 2,4 mm
             c. 2,6 mm
             d. 2,5 mm
              
9          berapakah Ukur panjang bebas pegas kopling sepeda motor supra….
             a. 35,8 mm
             b. 36 mm
             c. 34,5 mm
             d. 34,8 mm
              
10        hal yang harus di perhatikan pada saat perakitan mekanisme unit
             kopling salah satunya adalah penempatan ring pengunci yang ada
             tulisan  outside hurup/tulisan itu harus menghadap ke arah………..
             a. samping
             b. luar
             c. bawah
             d. atas
11        kopling yang bekerja berdasarkan adanya gaya sentrifugal adalah
             kopling jenis………..
             a. ganda
             b. otomatis
             c. manual
             d. basah
12        berapakah standar ukuran diameter rumah kopling otomatis sepeda
             motor supra
             a. 104,0 - 104,2
             b. 104,2 - 104,5
             c. 105,0 - 105,2
             d. 105,2 - 105,5
              
13        di bawah ini merupakan kunci spesial tool yang biasa di gunakan
             dalam bongkar/pasang (pengerjaan) kopling kecuali
             a. Lock nut wrench,
             b. Universal holder
             c. Flywheel holder
             d. hydrometer
14        Yang bukan merupakan komponen pengoperasian kopling otomatis
              adalah …
             a. clutch shos
             b. one way clutch
             c. clutch drum
            d. cluth handle
15        ada berapa jumlah pegas pada unit kopling otomatis……………..
             a. 3 buah
             b. 4 buah
             c. 5 buah
             d. 6 buah 
16        pada mekanisme kopling otomatis ada komponen yang berfungsi
             supaya kopling otomatis hanya bisa bergerak satu arah, apa nama doni-marsas.blogspot.com
             komponen itu…………..
             a. bearing
             b. washer
             c. drive plate
             d. one way clutch   
17        apa akibat yang akan ditimbulkan apabila mesin yang menggunakan
             kopling otomatis memakai additive oil………..
             a. kopling akan cepat slip
             b. kinerja kopling lebih baik
             c. akselerasi makin bagus
             d. tidak ada pengaruh
18        apa tujuanya sepeda motor bebek mengaflikasi kopling jenis otomatis
             a. untuk mengatasi hentakan pada saat sepeda motor masuk gigi satu
                 pada awal start
             b. karena lebih canggih
             c. untuk memudahkan proses perawatan
             d. supaya pengunaan sepeda motor lebih nyaman
19        Lapisan plat kopling disebut dengan kanvas kopling terbuat dari
             paduan bahan asbes dan logam. Paduan ini dibuat dengan tujuan
             agar plat kopling dapat memenuhi persyaratan ...
             a. Dapat menahan beban akibat putaran fly wheel yang berasal
                 dari mesin
             b. Bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial dan arah radial
             c. Tahan terhadap tekanan pegas kopling
             d. Tahan terhadap panas, gesekan dan dapat mencengkeram dengan
                  baik
               

Add caption

20         
            
            
            
               
             gambar di atas merupakan unit mekanis one way clutch ada berapakah
             bantalan baja pada bagian itu…………..
             a. 4 buah
             b. 5 buah
             c. 6 buah
             d. 3 buah
21        alat yang mengatur perubahan perbandingan putaran mesin atau
             putaran roda belakang adalah
             a. transmisi
             b. kopling
             c. alternator
             d. rotor
22        poros yang berhubungan dengan poros engkol melalui gigi kopling
             adalah……
             a. main shaft
             b. conter shaft
             c. cam shaft
             d. rocker arm shaft
23        komponen yang berfungsi sebagai penggerak shift fork adalah
             a. conter shaft
             b. drum shaft
             c. shift drum stopper
             d. shift positive stopper
24        gigi yang akan berputar bila poros berputar adalah     doni-marsas.blogspot.com
             a. gigi geser
             b. gigi mati
             c. gigi bebas
             d. gigi percepatan
25          



            
Add caption
            
            
            

             lubang -lubang yang terdapat pada gambar di atas disebut………..
             a. dog
             b. dog hole
             c. oil hole
             d. gear
26          

Add caption
            

            
             gambar di atas adalah poros yang berhubungan dengan gir depan
             (final draive) atau disebut juga…………….
             a. conter shaft
             b. poros utama
             c. main shaft
             d. shift fork shaft   
27        berikut ini merupakan kemungkinan penyebab gigi susah masuk
             kecuali
             a. shift fork bengkok
             b. fork clow bengkok
             c. shift spindle bengkok
             d. dog pada gigi aus 
28        gigi transmisi lonct dapat diakibatkan oleh……….
             a. shift drum stopper patah
             b. fork shaft bengkok
             c. shift linkage return spring patah
             d. jawaban a,b,c benar semua 
29        ada berapa jumlah shift fork pada sepeda motor honda supra
             a. satu
             b. dua
             c. tiga
             d. empat 
30          

Add caption


            
            
            
             hal-hal yang harus di perhatikan pada saat pemeriksaan gambar
             di atas adalah
             a. Periksa alur-alur tromol pemindah gigi akan terhadap keausan
     atau kerusakan.
             b. pemeriksaan diameter luar tromol pemindah gigi.
             c. pemeriksaan jalur-jalur penghubung (guide groove)
             d. jawaban a,b,c benar semua
31        secara garis besar ada berapa bagian pada transmisi otomatis
             a. dua bagian
             b. tiga bagian
             c. empat bagian
             d. satu bagian
32        bagian transmisi otomatis yang berhubungan dengan poros engkol
             disebut………….
             a. pulley sekunder
             b. pulley primer
             c. torsi cam
             d. weight / Pemberat
33        gemuk serbaguna dan sangat cocok untuk melumasi roller dan
             plain bearing, yang direkomendasikan pihak pabrikan adalah………..
             a. Shell Sunlight 3®
             b. Shell Doliumgrease R ®
             c. grase top 1
             d. grase sintetic                                          doni-marsas.blogspot.com
34          



            
            
            
Add caption
            
            
             gambar di atas menunjukan cara pemeriksaan V belt, dan kondisi
             pengukuran ini menyatakan bahwa v belt tersebut dalam keadaan…….   
             a. bagus
             b. sedang
             c. sudah aus dan harus segera di ganti
             d. normal dan ukurannya masih setandar
35        alat ukur untuk memeriksa kondisi V-belt adalah
             a. mikrometer
             b. jangka sorong
             c. V  belt check gauge
             d. viernier caliper 
36          



            
            
            
             gambar di atas menunjukan kontruksi dari pulley…………..
             a. Pulley sekunder
             b. pulley geser
             c. Pulley primer
             d. pulley cvt 
37        Komponen transmisi otomatis yang tidak boleh tersentuh oli adalah
             a. V Belt
             b. Permukaan pulley primer
             c. Permukaan pulley sekunder
             d. jawaban a,b,c betul semua
              l
38          



            
            
            
            
             pada susunan gambar gir box cvt di atas ada berapakah jumlah
             ring conicalnya…………
             a. ada satu
             b. ada dua
             c. ada tiga
             d. ada empat             
39        Apabila ada suara berdecit saat akselerasi pada transmisi otomatis
             bisa di akibatkan oleh……………
             a. terjadinya ke ausan dari permukaan v-belt/kotor
             b. roller peang ( sudah aus)
             c. kampas kopling otomatis aus
             d. gearbox aus          
40        Untuk menghilangkan suara noise / berdecit kita dapat mempergunakan
             pembersih ……………….
             a. alkohol
             b. air
             c. V-belt cleaner
             d. tekanan udara tinggi dari kompresor                          doni-marsas.blogspot.com
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              
              

Seting Pinggir Seher Mendem, Bikin Mesin Awet

 

Pinggir Seher Mendem, Bikin Mesin Awet

Kejadian banyak dialami oleh mekanik yang masih pemula. Belum tahu cara menyeting pinggir seher yang harus mendem dari permukaan atas blok.

Supaya lebih awet dan aman dari tabrakan dengan kepala silinder. Karena banyak yang belum tahu, akhirnya banyak setingan motor yang tidak awet.

Ketika awal-awal lap bisa kencang. Namun di pertengahan atau akhir lap sering motor mogok atau tenaganya drop.karena pada saat kondisi mesin sudah panas akan terjadi pemuaian sehingga
apabila tidak di beri clerence ujung kepala piston bisa bersentuhan dengan bibir cylinder head.


Biang keladinya karena salah seting pinggiran seher. 
“Supaya aman dibikin mendem 0,6 sampai 0,8 mm dari bibir atas blok,”
 Catatan :
Mendem 0,6-0,8 mm tanpa paking kepala silinder. Tidak boleh kurang atau tidak boleh kelewat mendem. Kalau kelewat mendem juga bikin tenaga motor ngedrop.

Cloudns