Senin, 09 Januari 2012

Klep bocor bisa mengakibatkan busi cepat mati



Salah satu unsur pemicu busi cepat mati adalah terjadi kebocoran di seputar bibir payung klep. Sehingga komposisi campuran bensin-udara di ruang bakar tak ideal, bahkan sebagian justru malah terbuang keluar.

Pada kondisi ini, akhirnya busi juga yang diserang. Sebab elektroda busi sulit memantik gas bakar. Jadinya busi basah melulu karena campuran bensin yang tidak terbakar itu.

Selain hilang tenaga, motor juga sulit hidup. Kalaupun hidup, karbu sulit diseting langsam lantaran ada gas bakar kembali tertekan ke arah moncong karbu diawal starter. Alhasil gas bakar mentah justru membasahi busi dan komponen sekitarnya.

Nah, untuk memaksimalkan kerja payung klep agar tidak bocor kompresi, komponen satu ini mesti disekir ulang. Atau istilahnya dibikin dudukan alur baru agar payung dan sitting klep enggak rembes waktu gas bakar dimampatkan.

Sekir ulang bisa dan baik dikerjakan sendiri pakai tangan. Supaya hasil kikisan pada payung klep dengan sitting klep alurnya jauh lebih rata. Buat sitting dan payung klep lama bisa langsung pakai pasta amril halus dan digosok selama 5 menit. Tapi, kalau keduanya baru, baiknya gunakan dulu amril kasar.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum. Wr.Wb.

Yth Bapa Doni Marsas

Saya sangat tertarik sekali dengan posting serta tampilan blog anda, lebih singkatnya saya ingin sekali sharing dan berbagi ilmu pengetahuan khusus didunia blogger, karena jujur saya sangat buta akan hal itu.
salam kenal

Asep Nurjamal,ST
Guru Produktif SMK IPTEK BEKASI

sya tunggu balasannya di nurjamal.eva@gmail.com

Cloudns