Jumat, 25 November 2011
Soal sistem kelistrikan tehnik sepeda motor
Soal sistem kelistrikan tehnik sepeda motor
Butir
Soal
1 .dibawah ini merupakan nama bagian-bagian dari
sebuh
batrai
kecuali :
a.
separator
b.
negative plate
c.
filler cap
d.
filler gauge
2. sebutkan
cairan untuk pengisian awal sebuah batrai……?
a. air
mineral
b. air
suling
c.
cairan elektrolit (H2SO4)
d. air
hujan
3. sebutkan
alat untuk mengukur berat jenis air batrai/aki ……..!
a.
fuller gauge
b.
thermometer
c.
hydrometer
d. avo
meter
4.berat
jenis air batrai akan berubah-ubah oleh adanya pengunaan
dari
arus batrai tersebut,berapakah setandar berat jenis air aki/
batrai
yang normal…..!
a. 1,26
b. 2,61
c. 1,62
d. 1,28
5. pada
sebuah batrai terdapat tanda untuk menentukan pengisian
volume
air batrai, sebutkan tanda tersebut……..?
a.
penuh - kosong
b.
upper level - lower level
c. full
- empty
d. atas
- bawah
6. pada
batrai 12volt terdapat enam buah penyekat (sparator)
berapakah
voltase pada setiap sekatnya…………?
a. 2
volt
b. 2,1
volt
c. 2,5
volt
d. 3
volt
7. Pada
baterai terdapat lubang ventilasi (elbow) yang berfungsi untuk
a.
mengalirkan uap pada saat sistem pengisian baterai berlangsung
b.
membuang kotoran baterai
c.
mengalirkan uap dari elektrolit baterai
d.
mengalirkan uap dari terminal baterai
8. pada
bagian sebuah batrai ada yang disebut plat lead proxside,
apa
yang di maksud denagan plat lead proxide tersebut……..?
a.
kutub negatif (terminal negatif batrai)
b.
kutub utara
c.
kutub selatan
d.
kutub positif (termianl positif batra
9. pada kutub terminal batrai suka terjadi endapan putih (karatan)
bagaimana
cara membersikannya yang baik dan benar adalah………!
a.
menyiramnya dengan air hangat dan membersihkanya degan
sikat kawat
b.
membersihkannya degan cairan bensin
c.
denan cara di ampelas
d. di
tiup dengan tekannan udara tinggi
10. ketika
kita terkena cairan batrai terutama pada kulit atau mata
hal apa
yang harus segara kita lakukan……………?
a.
membawanya ke dokter
b.
membasuhnya dengan air bersih dan selanjutnya memeriksaka
nya ke dokter
c.
membiarkanya
d.
membersihkanya degan kain lap
11. pembangkit
arus listrik AC pada mesin sepeda motor adalah
a.
alternator
b.
batrai
c.
generator
d.
insolator
12. yang
mempengaruhi besar kecilnya tegangan induksi pada
alternator adalah
a.
kecepatan bergeraknya magnit
b.
besar/kuatnya medan magnit
c.
besar/jumlahnya gulungan dari kumparan
d.
a,b,c benar semua
13. pada
alternator bagian yang mengandung magnit
dan berputar
di
antara kumparan atau lilitan disebut…….
a.
stator
b.
condensator
c.
rotor
d.
kapasitor
14. di
bawah ini merupakan sebagian komponen sistem pengapian
kecuali……..
a. cdi
unit
b. coil
c.
flasher
d. busi
15. fungsi
dari sbuah coil adalah…………
a.
sebagi pembangkit arus listrik
b.
meningkatkan/ menaikan tegangan arus listrik
c.
menghantarkan arus listrik
d.
memercikan bunga api lisrik
16. ada
berapa konektor pada cdi unit sepeda motor honda supra…!
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
17. hubungan
warna kabel cdi honda supra yang menuju coil adalah…
a.
hitam-putih
b.
hitam-kuning
c.
hitam-merah
d.
hijau
18. nama
kumparan didalam coil pengapian adalah
a.
Primer
b.
Primer dan sekunder
c.
Resistor
d.
Sekunder dan resistor
19. Pada
sistem pengapian magneto kabel yang berhubungan
saat kunci kontak OFF adalah :
a.
Hitam/Putih dengan Hijau
b.
Hitam/Kuning dengan Hijau
c.
Putih dengan pink
d.
Merah dengan Hitam
20. Untuk
bisa menimbulkan pembakaran yang sempurna
diperlukan
peralatan yang mampu menimbulkan tegangan
yang
tinggi pada busi. Peralatan tersebut adalah :
a.
Ignition Coil
b.
Alternator
c.
Regulator Rectifier
d. cdi
21. Fungsi
dari regulator rectifier yaitu :
a.
Merubah arus DC menjadi arus AC
b.
Merubah arus AC menjadi arus DC
c.
Menghasilkan arus tidak beraturan
d.
Menghasilkan arus AC
22. Proses
pengisian adalah proses aliran arus listrik sebagai berikut :
a.
Rectifier→ alternator→ accu
b.
Alternator → rectifier→ accu
c.
Alternator→ accu→ rectifier
d.
Accu→ rectifier→ alternator
23. hubungan
warna kabel untuk kumparan pengisian dari alternator
yang
menuju regulator rectifier adalah…..
a.
hijau
b.
merah
c.
putih
d.
hitam
24. menurut
metoda regulasi dan rektifasinya regulator rektifier
dibedakan
menjadi beberapa jenis
a.
bentuk gelombang AC input
b.
phase tunggal
c.
phase triple
d.
a,b,c, betul semua
25. sistem
pengisian phase tunggal dengan rectifier setengah gelombang
memakai
berapa buah diode……
a. 1
diode
b. 2
diode
c. 3
diode
d. 4
diode
26. regulator
rectifier untuk type sepeda motor honda supra memiliki
berapa
konektor……….?
a. 3
b. 6
c. 2
d. 4
27. arus
lisrik dari alternator yang telah melewati regulator rectifier
adalah
arus……….
a. arus
ac
b. arus
dc
c. arus
ac-dc
d. arus
gelombang penuh
28. apa
yang di maksud dengan istilah overcharging
pada sistem
pengisian
a. arus
pengisian menuju batrai kurang
b. arus
pengisian menuju batrai berlebihan/terlalu besar
c. arus
sedang
d. arus
bolak balik
29. pada
saat pemeriksaan regulator rectifier khususnya kabel massa
dengan
bagian body harus………….
a.
harus ada kontuanitas
b.
tidak boleh ada hubungan
c.
harus ada tegangan
d.
harus ada nilai tahanan
30. fungsi
regulator rectifier selain sebagai penyearah arus listrik adalah
a.
pembangkit arus listrik
b.
penguat arus listrik
c.
penyetabil arus listrik
d.
jawaban a,b,c, betul semua
31. Bahan
utama brush pada motor starter adalah . . . .
a. besi
b. tembaga
c.
kuningan
d.
karbon
32. dibawah
ini adalah komponen utama sistem motor starter kecuali……
a.
switch netral
b.
armature
c.
brash
d.
komutator
33. komponen
sistem starter yang berfungsi sebagai penghubung arus
listrik
dari batrai pada saat tombol starter ditekan adalah…..
a. yoke
b.
relay starter
c. core
d.
armature
34. pada
saat pemeriksaan komutator dengan poros armature selector
pada
alat ukur multitester harus mengarah pada skala…………
a. Ω
(ohm)
b. ac
c. dc
d. Ω ×
10
35. berapakah
ukuran panjang setandar pada brash motor starter
a. 5mm
b. 10mm
c. 15mm
d. 20mm
36. ada
berapakah jumlah brash pada motor starter sepeda motor
yamaha
mio
a. 3
buah
b. 4
buah
c. 2
buah
d. 1
buah
37. apa
yang dimaksud motor starter pada mesin sepeda motor adalah
a.
sistem penggerak awal selain kick starter
b.
motor yang digerakan oleh arus listrik untuk memutarkan poros
engkol
c.
rotor yang berputar
d.
jawaban A dan B benar
38. upaya
memberikan grease (setempet) pada bagian ujung poros
armature
di maksudkan untuk……………
a.
mengurangi gesekan dan mencegah korosi
b.
mempermudah proses perakitan
c.
supaya licin
d.
supaya lengket
39. berapakah
standar batas servis sebuah brash (sikat-sikat)
a. 10
mm
b. 4 mm
c. 6 mm
d. 8 mm
40. hal
penting yang harus di perhatikan pada saat perakitan motor
starter
adalah
a.
melihat tanda penyesuaian antara yoke dengan cover front top
motor starter
b.
memperhatikan oliseal jangan sampai terjepit
c.
memperhatikan proses pemasangan permukaan brash supaya
jangan sampai terbalik
d.
jawaban a,b,c betul semua
Label:
doni marsas,
materi pembelajaran
Lokasi:sumedang,jawabarat,indonesia
pangeran kornel no 11, Sumedang Selatan, Indonesia
Senin, 21 November 2011
PT Astra Honda Motor (AHM)Turut serta dalam pengembangan pendidikan khususnya Teknik Sepeda Motor (TSM)
Honda Donasikan 59 Unit Motor Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Plant I AHM - Sunter Jakarta Utara (17/11) secara langsung kepada para kepala sekolah untuk dibawa ke institusinya masing-masing.
Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM mengatakan dengan bantuan unit sepeda motor ini perusahaan berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama yang terkait dengan teknologi di bidang otomotif roda dua.
Keterampilan para siswa diharapkan akan meningkat sesuai dengan perkembangan teknologi terkini di industri sepeda motor. “Kami berharap dapat ikut memberikan bekal yang lebih baik sehingga para lulusannya diharapkan akan lebih siap masuk ke dunia kerja,” jelas Kristanto dalam siaran berita yang diterima redaksi.
Bantuan unit sepeda motor sebagai sarana praktek ini mendapat sambutan yang baik dari SMK yang menerima karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan sarana praktek untuk workshop/laboratorium TSM.
Saat ini PT AHM telah menggandeng SMK Jurusan TSM di 6 Sekolah di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Bentuk kerjasama yang dilakukan berupa pengembangan kurikulum.
Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan membangun workshop/laboratorium sepeda motor Honda. Program ini akan terus dikembangkan secara bertahap ke sekolah-sekolah di wilayah Indonesia lain.
“Setiap SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) idealnya memiliki sarana praktek yang memadai untuk menunjang kebutuhan siswanya. Kami berharap dengan bantuan ini dapat berkontribusi dalam menyiapkan siswa untuk memiliki keterampilan dasar yang memadai di bidang otomotif,” ujar Kristanto.
Sepanjang tahun 2011, PT AHM telah mendistribusikan bantuan secara keseluruhan berjumlah 89 unit motor. Sebagian motor juga didonasikan untuk penelitian dan pengembangan pengetahuan otomotif di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Institut Teknologi Bandung.
Minggu, 20 November 2011
Bentuk ubahan housing clutch dan center clutch
Guna mengejar RPM di putaran atas ada sedikit ubahan pada bagian yang tertera pada gambar di atas, Ubahan ini sangat membantu untuk menunjang kecepatan putaran mesin,So... buat sobat yang suka kebut -kebutan bisa aflikasi ubahan ini.
Sengaja saya postingkan bentuk ubahan ini buat menambah wawasan pengunjung blog ini semoga apa yang saya berikan ini bisa bermanfaat. (doni-marsas.blogspot.com)
Sengaja saya postingkan bentuk ubahan ini buat menambah wawasan pengunjung blog ini semoga apa yang saya berikan ini bisa bermanfaat. (doni-marsas.blogspot.com)
Langganan:
Postingan (Atom)