Sabtu, 10 Desember 2011

Teliti Spuyer

Beda Merek Beda Ukuran


Satu merek buat patokan
Ganti spuyer banyak dilakukan untuk mendongkrak power mesin. Atau menyesuaikan permintaan gas bakar yang diperlukan oleh dapur pacu. Itu biasa dilakukan pada motor standar atau korekan.

Namun yang perlu waspada, harus perhatikan dan dicermati. “Masing-masing merek terkadang berbeda ukuran,”
Misalkan aslinya spuyer Keihin PE 28. Pilot-jet punya ukuran 42. Kalau pakai spuyer variasi atau aftermarket bisa lebih besar lubangnya meski sama-sama punya ukuran 42.

Yang perlu hati-hati lagi, kadang spuyer aftermarket enggak tentu ukurannya. Misalnya punya ukuran 60, bisa jadi lebih kecil dari standar yang 60 juga. “Pokoknya tidak tentu,

spuyer variasi yang mendekati aslinya. Seperti buatan Kitaco, TDR atau Kawahara. Ukurannya hampir sama dengan standar. Bahkan produsennya berani bilang, kalau memang sama dengan standar. Namun tetap harus dicek supaya teliti.

Walaupun ketiga merek ini mendekati aslinya, sebaiknya jangan saling oplos atau saling tukar. Buat patokan sebaiknya cukup menggunakan satu merek, supaya nyetingnya enak. Kalau gonta-ganti merek, bisa saja beda sekian mikron.

Jumat, 09 Desember 2011

fungsi dan Prinsip dasar transmisi




                                          TRANSMISI
Transmisi merupakan komponen mesin yang penting untuk menghubungkan antara mesin penggerak dengan yang digerakan.
  Fungsi pemasangan transmisi tersebut adalah untuk meneruskan putaran dan daya mesin. Disamping fungsi tersebut, transmisi sebagai pengontrol putaran sehingga kendaran bermotor dapat dijalankan dengan mudah pada variasi kecepatan

Prinsip dasar transmisi adalah
untuk merubah kecepatan putaran suatu poros menjadi kecepatan yang
diinginkan untuk tujuan tertentu. Gigi transmisi berfungsi untuk mengatur
tingkat kecepatan dan momen (tenaga putaran) mesin sesuai dengan
kondisi yang dialami sepeda motor. Transmisi pada sepeda motor terbagi
menjadi; a) transmisi manual, dan b) transmisi otomatis.
Komponen utama dari gigi transmisi pada sepeda motor terdiri dari
susunan gigi-gigi yang berpasangan yang berbentuk dan menghasilkan
perbandingan gigi-gigi tersebut terpasang. Salah satu pasangan gigi
tersebut berada pada poros utama (main shaft/input shaft) dan pasangan
gigi lainnya berada pada poros luar (output shaft/ counter shaft).

Kamis, 08 Desember 2011

Ketahui Tanda-Tanda Kampas Rem Cakram Habis

Mendeteksi kampas rem cakram abis, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik motor.  Mulai cara yang paling mudah tanpa harus bongkar teromol atau kaliper terlebih dahulu. Sampai mengamati bagian brake pad yang sudah tidak layak pakai.

Misalnya mulai dari mengenali bunyi-bunyi aneh yang terdengar saat tuas rem ditekan. Bila berdecit terus-menerus selama tuas rem ditekan atau diinjak, dipastikan kampas rem sudah mulai menipis dan harus diganti.

Memang sih gejala ini bisa terjadi pada rem disc atau pun teromol yang kampasnya sudah menipis. Bunyi ini selain karena kondisi kampas yang sudah mengeras lantaran umur pamakaian, bisa juga disebabkan kampas habis.

Bila kampas habis, tinggal besi dudukan kampas yang bergesekan dengan permukaan cakram. Kalau ini sudah terjadi, segeralah ganti kampas rem yang orisinal agar umur pakai cakram lebih panjang.

Selain itu, bisa juga dirasakan dari handel rem depan yang mulai dalam saat ditekan. Gejala seperti ini karena kampas menipis. Membuat piston kaliper harus lebih nongol. Sehingga menyisakan ruangan yang besar di rongga caliper. Otomatis minyak rem mengalir menuju master caliper dan ketika tekan tuas rem seperti dalam.


 Level minyak rem pada master rem bisa jadi indikator
Indikasi lain dengan mengamati lubang pendeteksi ketinggian minyak rem. Minyak rem seperti berkurang karena ketinggiannya menurun. Bisa jadi bukan karena bocor. Itu karena kampas rem habis dan menyebabkan posisi piston kaliper harus lebih nongol keluar. Sehingga minyak rem akan bertambah turun.

Kondisi itulah yang menyebabkan ketinggian minyak rem pada tabung reservoir tersebut akan menurun. Itu karena mengalir mengisi bagian dalam kaliper yang kondisi pistonnya lebih membuka.

Selain dari level minyak rem yang ada di master rem, kondisi piringan yang sudah tipis juga bisa. Jadinya tetap saja mengharuskan piston kaliper harus lebih nongol dan rongganya harus diisi minyak rem.

Selain dari cara-cara tersebut, bisa juga amati langsung. Kampas rem kebanyakan dilengkapi irisan. Selain sebagai jalur air juga buat melihat kondisi kampasnya,kalau irisannya sudah habis, menandakan kampas harus ganti.

Selain rajin deteksi kondisi rem seperti anjuran di atas, pengendara juga harus merawat kondisi kampas rem agar bisa maksimal bekerja. "Minimal secara rutin kampas rem di buka dari tromol dan kalipernya, lantas dicuci sabun. Selain untuk menghilangkan debu yang menempel juga bikin kerja kampas rem tetap pakem," kira-kira tiap dua bulan sekali kampas rem harus dicuci.

Rabu, 07 Desember 2011

PEMERIKSAAN BLOCK CYLINDER HONDA SUPRA


PEMERIKSAAN SILINDER/TORAK
SILINDER
Periksa dinding silinder terhadap goresan dan
keausan. Ukur dan catat diameter dalam silinder
pada tiga tempat ketinggian pada poros x dan y. Ambil
pembacaan maksimum untuk menentukan keausan
silinder.
Add caption
Add caption
Add caption

BATAS SERVIS  47,5mm                                                                               
Hitung jarak kerenggangan antara torak dan cincin
torak. Ambil pembacaan maksimum untuk menentukan
jarak kerenggangan. Lihat hal 8-5 untuk
pengukuran diameter luar torak.
STANDAR : 0,15 mm
Hitung ketirusan dan kesimetrisan pada tiga
ketinggian pada poros x dan y. Ambil pembacaan                                                  
maksimum untuk menentukan ketiganya.
BATAS SERVIS                                                                                                   
Ketirusan : 0,10 mm
Kesimetrisan : 0,10 mm
Silinder harus dibubut kembali dan torak diganti
dengan yang oversize jika batas servis sudah
terlewati. Torak-torak oversize yang tersedia adalah
seperti berikut :
- 0,25 mm                                                                                                           
- 0,50 mm
- 0,75 mm
- 1,00 mm
Jarak kerenggangan antara silinder dengan torak
untuk torak oversize harus 0,010 - 0,040 mm.
Periksa bagian atas silinder terhadap adanya
perubahan bentuk.
BATAS SERVIS : 0,05 mm
ATAS

PEMBONGKARAN KOMPONEN KEPALA SILINDER





  Lepaskan kuku-kuku pegas klep dengan menggunakan
peralatan khusus seperti terlihat pada gambar.
KUNCI PERKAKAS
Valve spring compressor 07757-0010000
Valve spring compressor attachment 07959-KM 30101
PERHATIAN :
Untuk menjaga pengurangan gaya pemegasan,
jangan menekan pegas-pegas klep lebih dari yang
diperlukan pada saat melepaskan kuku-kuku klep.
Lepaskan bagian-bagian berikut ini :
- Pegas penahan
- Pegas-pegas klep bagian luar dan dalam.
- Klep.
- Sil tangkai klep.
- Dudukan pegas klep.

Senin, 05 Desember 2011

Bedah Teknologi Injeksi Supra X 125 & Spacy

Teknologi Injeksi Honda, Lebih Smart Jumlah Sensor Dipangkas

Piranti pengkabutan bahan bakar elektronik injeksi PGM-Fi di Honda Supra X 125 Helm In dan Spacy sudah sampai pada step 4. Sesuai tingkatannya, yang ini lebih maju ketimbang versi 3 yang dipakai pada Honda PCX 125 dan CBR 250R.

Lalu apa bedanya? Paling mencolok adalah dimensinya yang lebih kecil dan jumlah sensornya yang disederhanakan. "Ada beberapa sensor yang dihilangkan tapi fungsinya digantikan oleh sensor yang lain,"
Pada generasi sebelumnya ada 6 sensor yaitu; Manifold Absolute Pressure (MAP), Intake Air Temperature (IAT), Throttle Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT) atau Engine Oil Temperature (EOT), Crankshaft Position (CKP) dan O2 Sensor.

Sedang pada generasi terbaru ini MAP dan IAT ditanggalkan, fungsinya digantikan oleh CKP dan O2 Sensor. "Yang ini lebih advance, ternyata fungsinya bisa disatukan,"

Fungsi MAP adalah untuk mendeteksi tekanan udara dalam intake manifold, sedang IAT melacak suhu udara yang masuk. Informasi ini kemudian menjadi acuan Electronic Control Modul (ECM) menentukan banyak sedikitnya bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor agar komposisi udara dan bensin selalu ideal.

Nah, sekarang fungsi keduanya digantikan oleh umpan balik dari O2 sensor. ECM secara terus menerus akan menyesuaikan komposisi udara dan bensin yang disemprotkan sesuai dengan hasil pembakaran yang terdeteksi oleh O2.

Selain itu, sebelumnya MAP juga punya fungsi lain yaitu untuk mendeteksi kapan terjadi pembakaran untuk memberikan perintah pengapian. "Kini fungsinya digantikan oleh CKP. ECM mendeteksi waktu pembakaran dengan membaca putaran crankshaft yang sedikit melambat saat langkah kompresi,"

Akhirnya, Throttle Body pada sistem injeksi terbaru dari Honda ini jadi lebih simpel. Hanya ada TPS saja, TPS ini berfungsi untuk mengukur derajat bukaan katup kupu-kupu di dalam throttle body. 

Hal ini juga lah yang membuat harga injeksi Honda generasi terbaru jadi lebih ramah di kantong. Jumlah sensor yang ternyata bisa dikurangi tapi tetap memiliki fungsi sama tentunya mengurangi biaya produksi.

Teknologi Injeksi Honda , Fast Idel Selenoid Valve Untuk Safety Matik

Throttle body dari perangkat injeksi step 4 yang dipakai Honda Supra X125 PGM-FI Helm In dan Spacy Helm In PGM-FI memang lebih simpel. Ada dua sensor yang dihilangkan dan fungsinya digantikan oleh sensor lain,
Meski cuma ada injektor, tapi di Spacy Helm In PGM-FI ada satu perangkat tambahan. Namanya FISV alias Fast Idel Selenoid Valve.
"Ini adalah perangkat untuk memudahkan proses starter saat awal mesin dihidupkan. Fungsinya mirip auto choke," Alat yang terpasang berdekatan dengan Throttle Position Sensor (TPS) itu fungsinya sama seperti cuk otomatis, yaitu untuk mempermudah proses penyalaan motor ketika pertama dihidupkan dengan menambah pasokan bahan bakar.
Logikannya, ketika mesin sulit dinyalakan maka pengendara akan membuka throttle atau selongsong gas lebih dalam agar suplai bahan bakar jadi lebih banyak. Efek buruknya, putaran mesin langsung melengking tinggi.
Pada sepeda motor jenis bebek atau sport yang transmisinya bisa dinetralkan mungkin tak ada masalah. "Tapi pada skubek, kalau digas bisa langsung jalan. Tentunya bahaya,"
"Jadi meski sebenarnya tanpa FISV pun tetap mudah hidup, tapi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan alat ini tetap ditambahkan pada skubek dengan transmisi CVT,"

Cloudns