Sabtu, 29 Oktober 2011

prinsip kerja mesin 2 langkah


video mesin 2 langkah

silahkan lihat bagai mana prinsip  kerja mesin  2langkah,semoga video ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda...........!!!!!!!!!!!!!

Beda Aki Konvensional dan Aki Maintenance Free


Baterai konvensional dan MF. Sama pakai air cuma beda bahan
Baterai, atau dalam kamus motor, biasa kita sebut aki. Ini jadi komponen pendukung paling penting di motor. "Apalagi di motor modern. Peran aki sangat penting. Terutama karena motor modern sudah pakai elektrik starter. Tanpa aki, sistem ini tidak berfungsi," jelas Hendy Rohendi, Technical Support PT Yuasa, produsen aki yang bermarkas di wilayah Tangerang.

Sebelum melangkah ke penjelasan Hendy, kita pahami dulu apa itu aki. Komponen ini adalah penyimpan listrik yang dihasilkan oleh sepul dan magnet di mesin. Setrum yang ditampung baterai dialirkan ke semua komponen yang membutuhkannya. Misalnya, lampu, elektrik starter

Jumat, 28 Oktober 2011

video animasi pengapian



prinsif kerja mesin empat langkah


Video prinsif kerja mesin empat langkah

info seputar dunia otomotif sepeda motor



motor honda terbaru 2012 !! GL1800 +GPS
Motor Honda 2012 Terbaru – Berita terbaru seputar dunia otomotif dimana pabrikan “HONDA” akan meluncurkan Motor Honda 2012 Terbaru. Kelebihan tersendiri dari sepeda motor terbaru Honda ini adalah sepedamotor yang dengan enam silinder horizontal yang berlawanan & bissa meningkatkan standar kemewahan, kenyamanan & kemudahan untuk pengendara.

Rabu, 26 Oktober 2011

Cara download mudah dan simple

Untuk agan-agan yang membutuhkan buku bahan ajar,saya sudah postingkan link download di blog
www.doni_marsas.blogspot.com disini agan tingal klik link yang mau agan download,semoga apa yang agan-agan cari, ada di blog saya. selamat mencoba...!!!!

Alat Ukur Dan Teknik Pengukuran smk kelas XI

 Silakan download dengan mengklik link di bawah ini:

http://bse.invir.com/smk/smk11%20AlatUkurTeknikPengukuran%20Sri.zip

Terima kasih atas kunjungannya di blog ini

Alat Ukur DanTeknik Pengukuran smk kelas X

Silakan download bukunya dengan mengklik link di bawah ini:

http://bse.invir.com/smk/smk10%20AlatUkurDanTeknikPengukuran.zip


mohon tinggalkan komentar,kritik atau sarannya untuk bahan analisa blog ini....!!!

Selasa, 25 Oktober 2011

Alat Ukur dan Teknik Pengukuran kelas XII

 Silakan klik link di bawah ini untuk download bukunya

http://bse.invir.com/smk/smk12%20AlatUkurDanTeknikPengukuran%20Sri.zip


                       

Buku teknik otomotif sepeda motor kelas XII

 Untuk mendownload buku ini silakan klik link dibawah ini

http://bse.invir.com/smk/smk12%20TeknikSepedaMotor%20Jalius.zip


Terimakasih atas kunjungannya........!!!!!!!!

Buku teknik otomotif sepeda motor kelas XI

 Untuk mendownload buku ini silakan klik link di bawah ini

http://bse.invir.com/smk/smk11%20TeknikSepedaMotor%20Jalius.zip

Terima kasih atas kunjunganya di blog ini

Buku tehnik otomotif sepeda motor kelas x

    Untuk mendownload buku ini silakan klik link dibawah ini.......!!!!!!!                                                                                                               

http://bse.invir.com/smk/smk10%20TeknikSepedaMotor%20Jalius.zip
                                    


                                               Terima kasih telah mendownload melalui blog ini....!!!!!!!!

Dial indikator

Racing Mobile Java Games Collection (HOT Games)

http://UangDownload.Com/download/303/9857 
mau download game silakan klik link nya..........

tips dan trik girbok cvt



Peranti gear box (atau biasa disebut girboks) pada motor bertransmisi otomatis memiliki peran yang sangat penting nih bro. Karena peranti itulah yang berperan saat penggantian posisi gigi pengungkit kecepatan sebuah sepeda motor. Maka perawatan yang rutin dan tepat waktu merupakan hal yang kudu dilakukan. Kebanyakan dari pemilik sepeda motor suka lupa melakukan hal tersebut.
1. Ganti oli dengan volume yang tepat.
Bila oli berkurang atau kualitasnya telah menurun, fungsi oli untuk melindungi dan melumasi bagian-bagian di peranti itu tidak optimal. Akibatnya, bagian-bagian tersebut terkikis di saat girboks digunakan. “Bila part itu sudah terkikis, meski diisi oli baru tetap tidak akan bekerja secara maksimal,” ujar Yunaldi.
Selain menimbulkan suara mendengung, juga menjadikan motor tidak bertenaga. Sebab, tautan antargir di peranti itu tidak terjadi secara tepat. alhasil, pergantian gigi yang semestinya meningkatkan akselerasi dan tenaga motor tidak terjadi. “Motor pun seolah tidak bertenaga atau loss,” ujarnya.
Pada saat bersamaan, gir berikut as-nya bekerja ekstrakeras. Kondisi seperti itu menyebabkan laher oblak dan karet seal yang ada di as roda ataupun rumah Continuously Variable Transmission(CVT) robek. Anda pun harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki beberapa komponen. Jadi, sangat disarankan mengganti oli setiap menempuh jarak 6.000-8.000 kilometer.
2. Pilih oli yang tepat.
Spesifikasi oli untuk peranti itu juga berbeda dengan oli mesin. Buktinya, produsen oli juga telah memproduksinya. “Jadi, kalau ada produk khusus, tentu ada maksudnya, yaitu peranti itu memiliki oli dengan karakter berbeda,” ucap Yunaldi mewanti-wanti. Ia merekomendasikan oli khusus yaitu oli untuk gigi reduksi. Saat ini banyak merek dan karakter oli jenis ini yang dijual di pasaran.
3. Tepat volume dan tepat spesifikasi.
Jangan mengisi oli girboks melebihi takaran yang ditetapkan oleh produsen sepeda motor. Karena bila oli terlalu penuh, tekanan di dalam ruang giboks makin tinggi. Akibatnya, karet seal rawan jebol. Sebagai ukuran standar, bila untuk menambahi oli yang sudah ada, tuangkan jangan lebih dari 100 cc. Namun, bila oli tersebut dikuras hingga habis, sebaiknya tuangkan hingga 120 cc.
Bagi pemilik skuter matik (skutik) sebaiknya gunakan oli dengan spesifikasi yang direkomendasi oleh JASO MB. Selain itu, perhatikan kekentalannya pada SAE (Society of Automotive Engineers) 10W.
4. Bersihkan CVT dan hindari beban berat.
Yaitu membersihkan ruang dan komponen CVT dari berbagai kotoran dan debu. Karena bila bagian itu kotor, kerja sistem transmisi termasuk girboks semakin berat. Jangan lupa melumasi komponen-komponen CVT dengan pelumas atau grease khusus. Selain mempermudah gerak komponen tersebut di saat motor dijalankan, juga akan meningkatkan keawetan atau memperpanjang umur komponen tersebut.
Satu hal lagi, jangan mengangkut beban dengan bobot yang melebihi kapasitas maksimal motor. Sebab, beban yang berat menyebabkan perangkat pada girboks akan bekerja ekstrakeras di saat pengendara menarik tuas gas kuat-kuat. Akibatnya, komponen itu cepat aus.

Senin, 24 Oktober 2011

video teragis kematian simoncelli

POINT SERVIS

BAGIAN ATAU  POINT YANG HARUS DI KERJAKAN PADA SAAT MELAKUKAN SERVIS SEPEDA MOTOR 4LANGKAH :

  • B U S I
  • RENGGANG KLEP
  • SARINGAN UDARA
  • SALURAN BAHAN BAKAR
  • SARINGAN BAHAN BAKAR
  • KARBURATOR
  • CARA KERJA GAS TANGAN
  • SARINGAN KASA MINYAK PELUMAS
  • MINYAK PELUMAS FEDERAL OIL
  • KOPLING
  • RANTAI RODA
  • REM DEPAN / BELAKANG
  • KEAUSAN SEPATU REM
  • SAKLAR LAMPU REM
  • TEKANAN ANGIN BAN & KONDISI BAN
  • PELEK RODA & JARI-JARI RODA
  • SUSPENSI
  • BAUT-BAUT DAN MUR-MUR
  • STANDAR SAMPING
  • BANTALAN PELURU KEMUDI
  • BATERE
  • ARAH SINAR LAMPU DEPAN
  • LAMPU-LAMPU DAN KLAKSON

Pengaturan Knalpot Dalam UU No 22 Tahun 2009


Pengaturan Knalpot Dalam UU No 22 Tahun 2009

Berikut adalah tips untuk menterjemahkan pengaturan pemakaian knalpot standar  di dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Sebenarnya mudah saja kita membaca, cari saja kata kunci “knalpot”, kita pasti langsung diarahkan pada Pasal 285 ayat (1)……  wedew !…… langsung ke pasal pidana, pasal yang mengatur sanksi.
Tenang… tenang…. mari kita baca secara keseluruhan Pasal 285 ayat (1)  itu :
Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu  penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
Trus kita baca secara lengkap isi pasal-pasal : “Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3)” [baca aja ya sebagaimana terlampir,  ga usah dikutip, kepanjangan euy.
Halah !…. kok ga ada tulisan “knalpot” ?
Berbicara knalpot, ada 3 yang bisa kita  bayangkan, yaitu BENTUK, GAS BUANG (emisi) dan SUARA (kebisingan) :
  1. BENTUK, ini ga ngaruh karena yang namanya “bentuk” itu berkaitan dengan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), jadi kita abaikan.
  2. GAS BUANG (emisi), ini pasti berkaitan dengan kinerja mesin, jadi kita abaikan lagi.
  3. SUARA (kebisingan), nah ini ada diatur di Pasal 48 ayat (3) huruf b (Kebisingan Suara)
Berkaitan dengan Kebisingan Suara, kok sama sekali tidak ada pengaturannya lebih detil di dalam UU No 22 Tahun 2009 ?
Sekarang kita baca ayat di bawahnya :
Pasal 48 ayat (4) :
Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan teknis dan laik jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan peraturan pemerintah.
Jadi jelas bahwa pengaturan lebih lanjut akan diatur dalam peraturan pemerintah.
Perlu bro-bro ketahui, bahwa masalah Kebisingan suara merupakan kewajiban pemilik dan/atau Pengemudi Kendaraan Bermotor dan Perusahaan Angkutan Umum sebagaimana diatur dalam Pasal 212 :
Setiap pemilik dan/atau Pengemudi Kendaraan Bermotor dan Perusahaan Angkutan Umum wajib melakukan perbaikan terhadap kendaraannya jika terjadi kerusakan yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran udara dan kebisingan.
Karena merupakan “Kewajiban” pastinya mengandung sanksi, yaitu di Pasal 285 ayat (1) jumcto Pasal 48 ayat (3).
Sehubungan dengan Pasal 48 ayat (4), apakah peraturan pemerintahnya sudah terbit ?
Saat ini setahu saya belum terbit, hanya saja di dalam Pasal 324 UU No 22 Tahun 2009 (Ketentuan Peralihan) masih memberlakukan PP 43 TAHUN 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan (sepanjang tidak bertentangan), sayangnya di dalam PP ini tidak mengatur mengenai tingkat kebisingan suara knalpot.
Pertanyaan selanjutnya :
“Bagaimana hubungannya UU No 22 Tahun 2009 dengan KNALPOT  STANDAR, sedangkan di UU tersebut sama sekali tidak menyebutkannya ? dan apa pengertian KNALPOT  STANDAR ?”
Jawabnya gampang bro…..
Sama halnya dengan pemberlakuan untuk helm SNI, pada awalnya SNI 1811-2007 hanyalah sebatas standar (tidak mengikat), kemudian diangkat menjadi “norma wajib” berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 40/M-IND/PER/6/2008 yang mengatur produsen helm dalam negeri dan importir helm dari luar negeri. Kemudian diangkat lagi menjadi “norma wajib” di dalam UU No. 22 Tahun 2009 yang berlaku, tidak saja kepada produsen/importir helm, penjual, tetapi berlaku juga bagi pengendara sepeda motor.
Untuk tingkat kebisingan knalpot, memang PP-nya belum terbit, tetapi, untuk produsen motor di Indonesia sudah ada Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07 TAHUN 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Baru.
Jadi, yang dimaksud dengan KNALPOT  STANDAR, bukan tidak mungkin pengertiannya adalah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07 TAHUN 2009 :
Pasal 1 angka 1 :
Ambang batas kebisingan kendaraan bermotor tipe baru adalah batas maksimum energi suara yang boleh dikeluarkan langsung dari mesin dan/atau transmisi kendaraan bermotor tipe baru
Dan bukan suatu hal yang mustahil apabila nanti akan diangkat menjadi “norma wajib” di dalam PP sebagai pelaksana UU No. 22 Tahun 2009 serta berlaku terhadap penggunaan knalpot motor di jalan raya.
Adapun materi (tingkat kebisingan knalpot motor) yang diatur dalam peraturan menteri tersebut di atas adalah:
  • ≤ 80 cc maksimal 80 dB
  • < 80-175 cc maksimal 90 dB
  • < 175 cc maksimal 90 dB.
Ketentuan tingkat kebisingan motor Indonesia sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07 TAHUN 2009 ini mengacu standar global ECE (Economic Comission for Europe)-R-41-01.
Jadi, pengertian “Knalpot Standar” pada saat ini, perdebatannya hanya didasarkan pada bentuk yang dikeluarkan oleh pabrik, bukan didasarkan pada tingkat kebisingan yang dikeluarkan oleh knalpot tersebut. Oleh karena itu, selama PP pelaksana UU No. 22 Tahun 2009 belum terbit, penerapan Pasal 285 ayat (1) belum mempunyai kekuatan hukum mengikat, begitu pula dengan penerapan sanksinya

Tips dan trik perawatan cvt






GANGGUAN
Yamaha mio mengalami masalah, pas jalan angkatan awal bunyi cit,cit,cit, ditambah tenaganya drop, apalagi jika beban lebih misal ketika berboncengan atau bawa barang yang berat. Ini sangat mengganggu.
PENAGGULANGAN
Sebenarnya masalah tersebut terfokus pada distribusi tenaga, untuk Yamaha mio menggunakan system CVT, apabila system ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan beltnya,akan menyebabkan masalah seperti diatas. Penting untuk dilakukan adalah, setelah servis ringan 2x untuk yang ketiganya perlu cek kondisi CVT, terutama diberi grease atau gemuk. Bagian yang diberi grease atau gemuk adalah di bagian pulley primary dan secondary sheave.
pemberian grease atau gemuk ini harus sesuai dengan rekomendasi pabrikannya contohnya untuk produk sepeda motor yamaha merekomendasikan sheel dolium grease sebagai grease yang direkomeendasikan pihak pabrikan,
karena jenis grease atau stempet ini tahan terhadap temperatur yang tinggi .
semoga tautan atau postingan ini bermanfaat

Doni_marsas.blogspot.com











.

kisi-kisi soal uji kopetensi tehnik otomotif sepeda motor

untuk mendownload silakan klik link di bawah ini :
kisi-kisi soal teori uji kopetensi tehnik otomotif sepeda motor
http://www.4shared.com/document/E7Le81ey/1316-KST-Teknik_Otomotif_Seped.html

Semoga postingan ini bisa bermanfaat

                                             Terimakasih atas kunjunganya

profil

untuk postingan awal saya kali ini sengaja saya terbitkan dulu profil pribadi saya supaya teman-teman sekalian bisa shering topik yang nantinya saya posting,
saya sekarang bekerja di salah satu sekolah smk di kota sumedang kebetulan saya mengajar teknik otomotif sepeda motor adapun tujuan saya membikin blog ini untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang teknik otomotif sepeda motor. semoga blog ini bisa bermanfaat bagi diri saya sendiri dan untuk semua pada umumnya ,untuk itu saya harapkan kritik dan sarannya demi peningkatan postingan saya berikutnya. terimakasih.......................

Minggu, 23 Oktober 2011

HAL-HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN PADA SAAT PEMERIKSAAN TRANSMISI

                                        


Periksa gigi-gigi gir, lubang-lubang penyambung dan
gigi-gigi terhadap keausan yang tidak normal atau
kurangnya pelumasan.
Ukur diameter dalam dari tiap gigi.
BATAS SERVIS:
M2, C3 : 17,10 mm
C1 : 20,10 mm
Ukur diameter dalam dan luar dari bos gigi C1.
BATAS SERVIS:
Diameter luar : 19,93 mm
Diameter dalam : 17,08 mm
Periksa alur garpu pemindah pada gigi pemindah gigi
terhadap keausan atau kerusakan yang berlebihan.
Ukur diameter luar dari poros utama dan poros lawan.
BATAS SERVIS:
Pada gigi M2: 16,95 mm
Pada gigi C1: 16,94 mm

Cara atasi busi

Busi dapat bekerja jika tersambung ke CDI yang mempunyai tegangan ribuan Volt yang dihasilkan oleh lilitan penyala (ignition coil). Elektron yang terdorong masuk dari lilitan akan menghasilkan perbedaan tegangan antara elektroda di bagian tengah busi dengan yang di bagian samping busi.
Arus tidak dapat mengalir karena adanya bensin dan udara di celah busi, namun jika semakin besar perbedaan tegangan, maka struktur gas di antara kedua elektroda tersebut berubah. Pada saat tegangan melebihi kekuatan dielektrik gas yang ada, maka gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi sehingga arus dapat mengalir.
Dengan mengalirnya elektron, maka suhu di celah percikan busi naik drastis (sampai 60.000 K ). Suhu yang sangat tinggi ini membuat gas yang terionisasi dapat memuai dengan cepat, sehingga terjadi ledakan kecil. Inilah yang disebut percikan busi, yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau gundala putra petir.

NB: Cara atasi busi tiba2 mati waktu touring ke luar kota, malam2 tidak ada bengkel yang jual sperpart busi. Pertama copot businya, lalu perhatikan ujung besi yang melengkun seperti huruf u itu, ada batang bulat panjang nah di samping bulatan pajang itu ada seperti mika kaca elektroda istilahnya, nah coba ambil obeng - pecahkan elektroda yang berwarna putih itu sekitar batang itu sampai ke bawah dan sampai keliatan batang aslinya setelah itu bersikan pakai bensin, lalu coba pasang pasti nyala. tapi jangan lupa ya bro itu hanya bersifat sementara sampai ada manganti busi baru di benkel terdekat. ok moga berguna, salam bikers.
Jadi hati-hati kalau lagi ngecek arus busi, jangan sampai kesetrum, arusnya gede banget Bro.

Cloudns