Selasa, 25 September 2012

ARTI WARNA KABEL KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR


Warna kabel tiap merek motor berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif(+) dan negatif (-). Berikut penjelasannya arti warna kabel kelistrikan sepeda motor :

1. HONDA

Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem

2. YAMAHA

Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem

3. SUZUKI

Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri

4. KAWASAKI

Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson

Minggu, 23 September 2012

JOBSHEET KOPLING



 


NAMA/KELOMPOK       :
JOBSHEET
KOPLING
HARI/TANGGAL       :


KELAS                         :
NILAI                       :

I.          Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan :
  •  Prosedur pemeriksaan kinerja unit kopling untuk Mengidentifikasi kerusakan
  •  Prosedur melepas, memeriksa ,memperbaiki dan memasang komponen unit kopling dan    sistem pengoperasiannya
  •  Penyetelan kopling.
  •  Standar prosedur keselamatan kerja.

II.               Materi Pokok
  •   Prosedur pemeriksaan kinerja unit kopling untuk Identifikasi kerusakan
  •   Prosedur melepas, memeriksa ,memperbaiki dan memasang komponen unit kopling dan sistem pengoperasiannya
  •   Penyetelan kopling.
  •   Standar prosedur keselamatan kerja.

III          Dasar teori
               1. Kopling (Clutch)
                  Kopling berfungsi meneruskan dan memutuskan putaran dari
                  poros engkol ke transmisi (perseneling) ketika mulai atau pada saat
                  mesin akan berhenti atau memindahkan gigi. Umumnya kopling yang
                  digunakan pada sepeda motor adalah adalah kopling tipe basah dengan
                  plat ganda, artinya kopling dan komponen kopling lainnya terendam
                  dalam minyak pelumas dan terdiri atas beberapa plat kopling.
                  Tipe kopling yang digunakan pada sepeda motor menurut cara
                  kerjanya ada dua jenis yaitu kopling mekanis dan kopling otomatis.

IV.           Keselamatan kerja
               
·         Patuhilah apa yang di perintahkan instruktur/pengajar
·         Gunakanlah alat sesuai fungsi dan kegunaanya
·         Mintalah alat atau bahan seijin instruktur/pengajar
·         Untuk panduan lihat buku petunjuk/modul

V.          Persiapan kerja

·         Alat/bahan yang di butuhkan
a.    ....................................               k.   ......................................
b.    ....................................               l.    ......................................
c.    ....................................               m.   .....................................
d.    .....................................              n.   .......................................
e.    .....................................              o.  .......................................
f.     .....................................               p.  .......................................
g.    ....................................               q.   .......................................
h.    .....................................               r.  .........................................
i.      .....................................               s.   .......................................
j.      ....................................                t.  ........................................


VI.             Langkah kerja

1.    ....................................................................................
2.    .....................................................................................
3.    .....................................................................................
4.    ......................................................................................
5.    .......................................................................................
6.    .......................................................................................
7.    ......................................................................................
8.    .....................................................................................
VII.             Pemeriksaan kompnen
1.                                 Nama komponen  :...............................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
2.                                   Nama komponen  :.................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
3.                                  Nama komponen  :......................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
4.                                    Nama komponen  :...................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
5.                                   Nama komponen  :......................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
6.                                   Nama komponen  :......................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
7.                                   Nama komponen  :........................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
8.                                   Nama komponen  :.....................................
Standar ukuran/batas servis   :...........................................
Hasil ukur  :....................................................................
Kesimpulan  :.............................................................
VIII.               Tugas
·         Jelaskan cara kerja kopling manual.
·         Sebutkan jenis-jenis kopling beserta pengaflikasianya terhadap jesis sepeda motornya.
·         Sebutkan kemungkinan penyebab kopling slip beserta alasanya.
·         Sebutkan kemungkinan penyebab apabila perpindahan perseneling/transmisi terasa susah atau keras dan komponen kopling apa yang mungkin mengalami kerusakan.




                       Mengetahui, Kepala
                       Smk ma’arif 1 Sumedang                                                    Sumedang,             2012
                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,




                       OPA MUSTOPA,M.M.Pd                                                     DONI AGUSTINA
                     NIP.19600306 198003 1 0003


Cloudns