1. Motor Bakar
Motor bakar dibedakan
menjadi dua:
Motor Bakar Luar (external
combustion engine)
Yaitu mesin yang
menghasilkan tenaga untuk diri sendiri dan mesin lainnya dari energi pembakaran
secara tidak langsung. misal : Mesin
Uap, mesin nuklir
Motor Bakar Dalam (internal
combustion engine)
Yaitu mesin yang
menghasilkan tenaga untuk diri sendiri
dan mesin lainnya dari energi pembakaran secara langsung Misal : Mesin
Bensin, Mesin Diesel
Asal Mula Tenaga
Komponen Dasar Motor 4 tak
dan 2 tak
Motor 4 tak
1. Kepala Silinder (Cylinder
Head/ Cylinder Cop), terdiri atas : Mekanisme Klep & Busi
2. Silinder (Cylinder Comp)
3. Torak (Piston/Seher)
4. Batang penghubung (Connecting
Rod/ Stang Seher)
5. Poros engkol (Crankshaft/
kruk as)
Motor 2 tak
SIKLUS MESIN
Mengisi silinder dengan
campuran yang mudah terbakar 1. Langkah Isap
Menekan campuran tersebut
sampai pada volume tertentu 2. Langkah Kompresi
Menyalakan campuran
sehingga mengembang dan menghasilkan tenaga 3.
Langkah Usaha
Mengeluarkan gas - gas yang
telah terbakar dari dalam silinder 4. Langkah Buang
Istilah Mesin
TMA : Titik Mati Atas (TDC
: Top Dead Center)
Batas pergerakan piston
paling atas
TMB : Titik Mati Bawah (BDC
: Bottom Dead Center)
Batas pergerakan piston
paling bawah
L : Langkah Piston (S:
Stroke)
Langkah pergerakan piston
dari TMA ke TMB atau sebaliknya
Prinsip Kerja Mesin 4 Tak
Satu siklus terdapat 4 kali
langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai
dalam 2 putaran poros engkol.
LANGKAH ISAP
Piston bergerak dari TMA ke
TMB
Katup masuk terbuka
Katup buang tertutup
Kevakuman dalam ruang
silinder mengakibatkan udara mengalir ke dalam silinder dan bercampur bensin
dari karburator.
LANGKAH KOMPRESI
Piston bergerak dari TMB ke
TMA
Katup masuk tertutup
Katup buang tertutup
Gas campuran bensin dan
udara dikompresikan hingga mencapai tekanan dan suhu yang tinggi.
Beberapa derajat sebelum
piston mencapai TMA busi memercikkan bunga api.
Proses pembakaran
menimbulkan energi panas dan menekan piston menuju TMB.
Katup masuk tertutup
Katup buang tertutup
Piston bergerak dari TMA ke
TMB
Gerak bolak-balik piston
akan diteruskan oleh batang penghubung (stang seher) ke poros engkol untuk
diubah menjadi gerak putar yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan.
LANGKAH BUANG
Piston bergerak dari TMB ke
TMA
Katup masuk tertutup
Katup buang terbuka
Gas bekas didorong piston
keluar melalui saluran buang dan muffler menuju ke udara luar.
Prinsip Kerja Mesin 2
Langkah
Proses kerja mesin hanya
diselesaikan dalam 1 putaran engkol, sehingga setiap satu gerakan piston
melakukan 2 proses kerja.
LANGKAH HISAP DAN KOMPRESI
Setengah putaran pertama
atau 180º , piston bergerak dari TMB ke TMA.
Di Atas Piston
Akhir pembilasan diikuti
Langkah Kompresi
Setelah dekat TMA
Pembakaran dimulai
Di Bawah Piston
Langkah Hisap/Pengisian
ruang engkol (Campuran bahan bakar dan udara baru masuk keruang engkol melalui
saluran masuk)
LANGKAH USAHA , BUANG
DAN BILAS
Setengah putaran kedua atau
360º , piston bergerak dari TMA ke TMB.
Di Atas Piston
Terjadi Langkah Usaha ,
Buang dan Bilas
Akibat pembakaran, tekanan
mendorong torak ke TMB. Saluran buang terbuka, gas bekas terbuang dan didorong
gas baru (pembilasan)
Di Bawah Piston
Kompresi karter (Campuran
bahan bakar dan udara di ruang engkol tertekan dan akan naik keruang atas torak
lewat saluran bilas)
Perbandingan Mesin
4 LANGKAH DAN 2 LANGKAH
Mesin 4 Langkah
Keunggulan :
Hemat bahan bakar &
Ramah lingkungan, karena kerugian gas baru yang terbuang bersama gas buang
sangat kecil & sistem pembakaran yang lebih sempurna
Sistem pelumasan lebih
sempurna
Daya tahan mesin pada jarak
jauh lebih baik
Jangka waktu overhaul lebih
lama
Hemat pemakaian minyak
pelumas
Engine brake lebih besar
Kerugian :
Konstruksinya lebih rumit
Akselerasi lebih lambat
Mesin 2 Langkah
Keunggulan :
Konstruksinya lebih
sederhana
Akselerasi lebih baik
Kekurangan :
Sistem pembuangan kurang
sempurna
Motor bekerja tidak teratur
pada putaran rendah
Pelumasan relatif kurang
sempurna
Jadwal perawatan lebih
singkat
Diagram katup