PENGENALAN
FUNGSI DAN CARA KERJA ELECTRONIC FUEL INJECTION
1. PENGERTIAN EFI ( ELECTRONIC FUEL
INJECTION )
EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection. Adapun
pengertian dari EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam
kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan
bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan
daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta
mempunyai gas buang yang ramah lingkungan. Dalam kehidupan sehari hari nama EFI
telah dipakai oleh merk Honda, sedangkan merk lain mempunyai nama nama yang
berbeda, akan tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah sama.
2. Fungsi dan cara kerja injeksi
Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik Sistem EFI
itu terdiri dari tiga system utama,yaitu system bahan bakar,system induksi
udara,dan system control elektronik. Untuk sepeda motornya bisa dilihat di
Sepeda Motor Injeksi Honda
a. Sistem Bahan bakar
Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang
bakar.Komponen system bahan bakar terdiri atas
1) Pompa Bahan bakar
Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke
injector.Pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar listrik
2) Fuel pulsation damper
Fuel pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran
tekanan karena adanya injeksi.Tekanan bahan bakar dalam intake manifold
dipertahankan oleh pressure regulator
3) Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke
injector-injektor.Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang
di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada tiap-tiap
injketor.Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan bakar
harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.
4) Injektor
Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh
computer.Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada
kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan
5) Cold start injektor
Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor
masih rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah ruangan udara masuk.Injektor
bekerja hanya pada saat start bila temperature air pendingin di bawah 220
Celsius.
Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang
diperlukan untuk pembakaran terdiri atas:
1) Throttle body
Throttle body terdiri atas katup therottle untuk mengontrol udara masuk,sebuah
system by pass udara yang mengatur aliran udara pada putaran idle dan sebuah
throttle position sensor untuk menyensor kondisi terbukanya katup therottle.
2) Katup udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat
coil motor dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan pada permukaan samping
kanan slinder.Jika putaran fast idle selama pemanasan tidak stabil atau rendah
maka hali ini antara lain disebabkan oleh kesalahan pembukaan katup udara.
3) Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke
computer yang menentukan dasar jumlah injeksi.Air flow meter terdiri atas plat
pengukur,pegas kembali ,baut penyekat campuran idle,sensor udaa masuk dan
switch pompa bahan bakar.
4) System Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem Kontrol elektronik mempunyai bermacam-macam sensor yang terdiri atas air
flow meter,Sensor air pendingin,sensor posisi katup gas,sensor udara
masuk,sensor gas tekan,dan sensor tekanan mesin.Perangkat ini akan menentukan
lama kerja injector.Kelengkapan yang lain adalah main relay yang menyediakan
sumber arus listrik ke computer.Circuit opening relay yang mengontrol kerja
pompa bahan bakar dan sebuah resistor yang menstabilkan kerja injector.