Kopling (Clutch)
Kopling berfungsi meneruskan dan memutuskan putaran dari
poros engkol ke transmisi secara berangsur-angsur tanpa adanya hentakan
ketika mulai setar atau pada saat mesin akan berhenti atau memindahkan gigi.
Umumnya kopling yang digunakan pada sepeda motor adalah adalah kopling tipe basah dengan
plat ganda, artinya kopling dan komponen kopling lainnya terendam
dalam minyak pelumas dan terdiri atas beberapa plat kopling.
Tipe kopling yang digunakan pada sepeda motor menurut cara
kerjanya ada dua jenis yaitu kopling mekanis dan kopling otomatis. Cara
kerja kedua jenis kopling ini sewaktu membebaskan (memutuskan)
putaran poros engkol sangat berbeda.
SPESIFIKASI BAGIAN STANDAR BATAS SERVIS KOPLING HONDA SUPRA
STANDAR BATAS SERVIS
Kopling manual Ketebalan cakram 2,92 - 3,08 2,6
Perubahan bentuk piringan - - 0,20
Panjang bebas pegas 36,5 35,8
Diameter luar clutch outer guide 20,959- 20,980 20,91
Diameter dalam clutch outer 21,020- 21,041 21,09
Ketebalan kanvas kopling 1,5 1,0
Diameter dalam teromol kopling 42,0 42,04
TORSI PENGENCANGAN
Baut lengan stopper teromol 1,0 kg-m
Pin pegas pengembali pemindah 3,0 kg-m
Baut pelat stopper teromol pemindah 1,7 kg-m
Baut soket penutup saringan minyak sentrifugal 0,6 kg-m Lumasi ulir dengan cairan pengunci
Mur pengunci kopling sentrifugal 4,3 kg-m
Baut flens pelat pengungkit kopling 1,2 kg-m
Mur pengunci kopling manual 4,3 kg-m
Kopling berfungsi meneruskan dan memutuskan putaran dari
poros engkol ke transmisi secara berangsur-angsur tanpa adanya hentakan
ketika mulai setar atau pada saat mesin akan berhenti atau memindahkan gigi.
Umumnya kopling yang digunakan pada sepeda motor adalah adalah kopling tipe basah dengan
plat ganda, artinya kopling dan komponen kopling lainnya terendam
dalam minyak pelumas dan terdiri atas beberapa plat kopling.
Tipe kopling yang digunakan pada sepeda motor menurut cara
kerjanya ada dua jenis yaitu kopling mekanis dan kopling otomatis. Cara
kerja kedua jenis kopling ini sewaktu membebaskan (memutuskan)
putaran poros engkol sangat berbeda.
SPESIFIKASI BAGIAN STANDAR BATAS SERVIS KOPLING HONDA SUPRA
STANDAR BATAS SERVIS
Kopling manual Ketebalan cakram 2,92 - 3,08 2,6
Perubahan bentuk piringan - - 0,20
Panjang bebas pegas 36,5 35,8
Diameter luar clutch outer guide 20,959- 20,980 20,91
Diameter dalam clutch outer 21,020- 21,041 21,09
Ketebalan kanvas kopling 1,5 1,0
Diameter dalam teromol kopling 42,0 42,04
TORSI PENGENCANGAN
Baut lengan stopper teromol 1,0 kg-m
Pin pegas pengembali pemindah 3,0 kg-m
Baut pelat stopper teromol pemindah 1,7 kg-m
Baut soket penutup saringan minyak sentrifugal 0,6 kg-m Lumasi ulir dengan cairan pengunci
Mur pengunci kopling sentrifugal 4,3 kg-m
Baut flens pelat pengungkit kopling 1,2 kg-m
Mur pengunci kopling manual 4,3 kg-m
Tidak ada komentar:
Posting Komentar