Tips Bongkar Mesin motor tipe Bebek 4 tak
Anda masih awam? Motor berisik nggak
karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan
sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
1. siapin alat-alatnya
- kunci-kunci standar seperlunya
- kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
- nampan kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
- nampan ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
- bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
- lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
- balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
- kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
- buku panduan (catalog mesin) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya
sarankan secara berurutan yaitu;
- mesin bagian kiri
- komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
- mesin bagian atas
- komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
- mesin bagian kanan
- komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
- mesin bagian tengah
- komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut
dan komponen – komponen pada bak yang
berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan
kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar,
maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa
menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak
yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau
penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di
ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
- gasket kit A ( paking top set )
- gasket kit B ( paking full set )
- oil seal selah
- oil seal operan / persnelling
- oil seal gear
- oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin
bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR
PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses
pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang,
jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran
oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres
dech…!
Klo begini ongkos bongkar pasang
mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di kerjakan di bengkel resmi
/ bengkel umum kisaran harganya ; Rp. 150.000,-
Tapi inget, harus optimis dahulu
sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang dan relakan aja Rp.
150.000 ke bengkel Aku… TAPI AMAN….! Okey… itulah tips saya… yang ingin
bertanya… atau berkomentar silahkan ditunggu…!(anggi motor speed)
1 komentar:
Artikelnya bagus gan, tp lebih bagus lg kalo pake gambar biar pengunjung paham..
Cara nyetel pelampung gmna?
Posting Komentar