PRINSIP KERJA REM CAKRAM
Tekanan yang dipakai melawan
handel rem atau pedal akan menggerakan piston di dalam master silinder unit. Tekanan Hydraulic fluida selanjutnya dialirkan melalui saluran (pipa) untuk menekan piston capiler.
Piston capiler akan kontak
langsung dengan sisi belakang kanvas rem. Anti sequeal shims (plat tipis) akan mengatur posisi normal
antara piston dan kanvas
rem. Pada saat yang bersamaan, kanvas rem
pada sisi yang berlawanan menekan rem, sehingga putaran roda
diperlambat.
Pada waktu handel
rem dilepas, tekanan hydraulic
menurun dan pad tekanannya berkurang
pada disk (cakram).
Minyak rem, piston master dan piston caliper kembali seperti semula oleh tekanan pegas di piston master dan sil di piston caliper.
Ada "single push"
caliper, kedua pad menekan disk melalui reaksi "sliding caliper
yoke". Caliper tipe ini
banyak dipakai pada honda. Model terbaru memakai
single push dengan dua piston.
INFORMASI
UMUM UNTUK PEMELIHARAAN
- Hindari kotoran, debu, air atau
benda asing masuk pada waktu pengisian dan penggantian minyak rem.
- Ganti parts yang dianjurkan pada
waktu penggantian pada saat sepeda motor di service.
- Bersihkan permukaan brake pad dan
disk dari oli atau grease (gemuk), karena akan mengurangi gaya pengereman-nya.
- Brake caliper
dapat dilepas dari sepeda motor dan pad dapat diganti tanpa harus memutuskan
sistim hydarulic.
PENGGANTIAN MINYAK REM
Sebelum membuka tutup reservoir, putar handle bar sampai minyak rem pada posisi
mendatar. Pisahkan/tempatkan di tempat yang aman barang-barang yang di cat,
plastik, karet, agar ditutup kain, pada slat melakukan service atau penggantian
minyak rem.
1. Tanpa
Alat Khusus
- Buka tutup master silinder dan
diafragma.
- Buanglah kotoran-kotoran akibat
kontaminasi pada pad dan disk dengan cairan pembersih.
- Hubungkan pipa pada katup
pembuangan.
- Pompa/tekan handel rem
berulang-ulang sampai terlihat gelembung udara keluar.
- Tekan handel rem selanjutnya buka
katup ¼ putaran dan tutup kembali.
- Lakukan cara seperti di atas sampai
rem bekerja dengan sempurna.
2. Memakai
Alat Khusus
- Isi minyak rem sampai batas upper.
- Pasang alat brake bleeder pada katup
pembuangan seperti gambar disamping.
- Lakukan
pemompaan 3 atau 4 kali kemudian
kendorkan katup dengan kunci +/- 5 detik lalu kencangkan kembali.
- Lakukan beberapa kali sampai minyak
rem terlihat keluar tanpa gelembung udara melalui
pipa brake bleeder.
Catatan :
Check isi
minyak rem dan tambahkan apabila kurang
untuk mencegah masuknya udara palsu.
MASTER
CYLINDER
1.Proses Membuka
- Keluarkan minyak.
- Lepaskan snap ring derigan snap ring pliers.
- Keluarkan piston master don pegas.
- Cuci master silinder dan komponen lainnya dengan air bersih.
2. Pemeriksaan pertama
- Periksa master silinder terhadap goresan, keausan.
- Ukur diameter dalam pads beberapa tempat.
- Ganti master silinder jika ukuran terbesar melebihi batas service yang diijinkan. (Gb.33)
3.
Pemeriksaan kedua
- Periksalah piston master terhadap goresan keausan.
- Ukur diameter luar piston pada beberapa tempat.
- Ganti piston master jika ukuran terkecil lebih kecil dari batas service yang diijinkan.
4. Proses
Pemasangan
- Pastikan tiap parts, terbebas dari kotoran sebelum dipasang.
- Lapisi piston cup dengan minyak rem yang baru dan pasang pada pistonnya.
- Pasang pegas dengan ujung diameter yang lebih besar menghadap master cylinder
- Pasang primary cup dengan sisinya yang cekung menuju sisi dalam master silinder.
- Pasang snap ring.
BRAKE
CAPILER
1. Proses
Membuka
· Lepaskan baut pipa minyak rem.
· Lepaskan baut caliper.
· Lepaskan kanvas rem.
· Lepaskan braket caliper.
· Keluarkan piston dengan memakai
tekanan udara.
· Cucilah capiler
silinder dan komponen lainnya
dengan air bersih.
Catatan:
Untuk
melindungi supaya piston tidak terlempar keluar, bagian sisi piston diberi
penahan kain lap/plat tipis.
2.
Pemeriksaan
- Periksa permukaan dinding silinder caliper dari cacat dan goresan-goresan.
- Ukur diameter dalamnya beberapa tempat.
- Ganti capiler silinder jika ukuran terbesar melebihi batas service yang di ijinkan.
- Periksa permukaan dinding piston caliper dari cacat dan goresan-goresan.
- Ukur diameter luar piston pada beberapa tempat.
- Ganti piston caliper jika ukuran terkecil melebihi batas service yang diijinkan.
2. Proses
Pemasangan
Catatan:
- Pastikan tiap komponen terbatas dari kotoran sebelum dipasang.
- Lapisi sil debu dan sil potong baru dengan minyak rem dan pasang ke alur caliper cylinder.
- Lapisi caliper piston dengan minyak rem baru dan pasang ke caliper.
- Lumasi pin slide dengan gemuk silikon Pasting kanvas rem kembali.
3. Pemeriksaan Brake Disc (Rem Cakram)
- Secara visual periksa disk (cakram) terhadap kerusakan atau keretakan.
- Ukur ketebalan cakram pada beberapa tempat dan ganti jika hasil pengukuran terkecil lebih kecil dari batas service yang diijinkan.
- Check keolengan cakram periksa bantalan roda dari keolengan bila bantalan roda normal dan cakram oleng, maka ganti cakramnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar