satria fu |
Nah, buat adik-adik pelajar penggenjot FU…yang tua-tua juga boleh nyonto
ding, berikut adalah tip up-grade yang (sebagian besar) dah dipraktekin
langsung di motorku…yang jelas aku jamin dengan melakukan upgrade
1. Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5,
bisa pake punya shogun lama. Harga palingan 30rb. Klo mau lebih murah pake
merek Kitaco harnganya 17,500 ribuan
2. Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini
berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4.
Langkah ini saya sarankan ke bengkel aja bagi yang belum paham overhoul,
misalnya sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi
lagi.
3. Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein
diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok
harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.
4. Ganti karbu (berarti langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya RX King
(karena murah, dan cocok dan bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter
udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 150, setelan udara 1,5 putaran
berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa beda2), posisi klip jarum
skep di ulir nomor 2 dari atas. Alternatif lain bisa juga pake punya NSR SP
yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand (Awas barang
palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin model
kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar aliran bensin lancar…
5. majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk
dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya
dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat
nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di
putaran tinggi…hehehe…bingung, bingung deh….), hasilnya juga mantap tapi
kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm)
dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal fuller-nya. Yang ini siy jelas
mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago.
6. lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen
saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya
masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu
standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di
lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm
(panjang x tinggi). Bisa dilakuin sendiri
7. potong kabel koil 2 cm (=ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa
dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya
ditusukin dan diputar hingga ngedrat.
8. ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG
30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur
lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm
9. oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake
yang 10/40.
10. ganti knalpot free flow
11. Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi
sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros
roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat
lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan
lengan ayun.
12. Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling
(bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan),
tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya
dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin,
diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem teromol (harga 5 ribuan)
untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya cepet. Hasilnya kopling
jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas….yang
jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100
– 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya
cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi….per
kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel,
kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya
yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet.
13. Pulser digeser 1 ampe 2 mili…yang ini untuk mengatur timing waktu pengapian,sehingga di harapkan pembakaran akan bisa berlangsung lebih sempurna.
14. nah klo semua langkah diatas…atau beberapa aja deh…udah dilakukan pasti
performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Jakarta ato daerah
yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa
leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13
mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang
buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi
ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan
(lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga pernah
nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top
speed.
Bila dana masih ada
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar…klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar…klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.
Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang
lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll…atao bisa juga
pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama
dengna per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama…
Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa (850 – 1
jutaan…ato NMF yang hampir 2jutaan)…ato apalah terserah…soalnya aku sendiri
blum nyobain klo yang ini. Klo dah ganti chamshaft pake yang racing berarti
langkah No. 5 tidak perlu dilakukan.
Semoga berguna.
NB:
Porting Polish
Lepas packing, pake 1 aja yang tengah
Busi Sindengen Iridium
Karbu RX-King, PJ 20 MJ 150
Kabel koil potong 2 cm
Pulser dimundurin 2 mm
Per kopling di ganjal 1 mm
Semi open filter
Celah klep in 0,07 mm out 0,1 mm
Klep in maju 1 mata, out mundur 1 mata
Gear 13/43
Lepas packing, pake 1 aja yang tengah
Busi Sindengen Iridium
Karbu RX-King, PJ 20 MJ 150
Kabel koil potong 2 cm
Pulser dimundurin 2 mm
Per kopling di ganjal 1 mm
Semi open filter
Celah klep in 0,07 mm out 0,1 mm
Klep in maju 1 mata, out mundur 1 mata
Gear 13/43
Performa: gigi 4 120 km/j (mentok limiter)..gigi 5 135 km/j…gigi 6..blum
pernah ketemu jalan yg cukup sepi buat full throttle…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar