Soal-soal perbaikan dan pemeliharaan engine
1 Alat yang berfungsi untuk mengontrol jumlah campuran yang
masuk kedalam silinder guna mengontrol tenaga dan kecepatan
sepeda motor adalah . . . .
a. Filter udara
b. Tangki bahan bakar
c. Konduktor
d. Karburator
2 Agar dapat bekerja sesuai dengan kondisi kerja mesin, maka
karburator dibagi menjadi beberapa sistem, dan sistem
tersebut
antara lain, kecuali ………..
a. Sistem cuk
b. Sistem Pengisian
c. Sistem Kecepatan rendah
d. Sistem kecepatan tinggi
3 komponen yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar untuk
putaran menengah dan tinggi adalah . . . .
a. Main Jet
b. Slow Jet
c. Piston Valve Screw
d. Pompa akselerasi
4 komponen yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar
untuk putaran rendah adalah . . . .
a. Main Jet
b. pilot Jet
c. Piston Valve Screw
d. Pompa akselerasi
5 Dalam penyetelan campuran bahan bakar pada karburator,
jika pilot screw diputar ke kanan maka . . . .
a. Campuran bahan bakar menjadi kurus
b. Jumlah campuran menjadi sedang
c. Jumlah campuran menjadi kaya
d. Jumlah campuran tetap saja
6 berapakah perbandingan campuran udara dan bahan bakar yang
di angap normal (standar)
a. 1:15
b. 1:16
c. 1:17
d. 1:18
7 di bawah ini merupakan jenis atau bahan yang di pakai untuk filter
udara adalah…………
a. elemen busa urethane yang di basahi oli
b. elemen kertas
c. elemen plastik
d. jawaban a,dan b benar
8 alat atau komponen untuk mengatur jumlah bahan bakar yang di
hisap melalui sepuyer besar dalah………...
a. jet nedle (jarum skep)
b. float valve (jarum pelampung)
c. throtte screw (baut penyetel)
d. piston valve
9 ruang terkecil pada karburator yang mengubah kecepatan udara
yang mengalir adalah
a. venturi
b. slow air blade
c. air flow
d. slow jet
10 prinsif kerja karburator berdasarkan adanya hukum alam adalah……..
a. udara yang mengalir pada
ruangan kecil akan terjadi proses
kecepatannya bertambah
dan tekannanya menurun
b. kecepatan dan tekannya bertambah
c. kecepatan dan tekannya berkurang
d. tidak ada perubahan
11 Apabila katup hisap dan katup buang tertutup, dan piston bergerak
dari TMA ke TMB maka langkah ini disebut . . . .
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
12 Pada saat melakukan engine Tune up, dalam melakukan penyetelan
celah katup yang diijinkan adalah pada saat mesin langkah . . . .
a. Langkah isap
b. Langkah buang
c. Langkah usaha
d. Langkah kompresi
13 di bawah ini merupakan komponen mekanime silinder head kecuali…..
a. rocker arm
b. valve
c. cam shaf
d. conecting rod
14 Sistem pergerakan klep yang dipakai pada motor Honda
Astrea Supra adalah:
a. Sistem OHV
b. Sistem SOHC
c. Sistem DOHC
d. Sistem klep samping (SV)
15 Apa yang dimaksud dengan over laping pada pergerakan klep
a. Saat torak menerima gaya akibat pembakaran
b. Saat klep buang terbuka pada akhir langkah isap
c. Saat kedua klep terbuka bersama
d. saat klep buang tertutup
16 komponen yang berfungsi menyelaraskan putaran poros engkol
dengan poros cam adalah
a. piston
b. cam chain
c. cam chain tensioner
d. steam seal
17 Apa yang dimaksud dengan perbandingan kompresi:
a.Perbandingan antara volume ruang di atas piston saat piston
di TMB dengan saat
piston di TMA
b. Perbandingan antara ruang terkecil dengan ruang terbesar
c. Perbandingan antara volume silinder dengan volume ruang bakar
d. Jawaban a, b dan c benar
18 berapakah ukuran celah kerenggangan klep untuk type sepeda motor
honda supra……………..
a. 0,01 mm
b. 0,03 mm
c. 0,05 mm
d. 0,10 mm
19 di bawah ini merupakan nama lubang atau ronga-ronga dalam blok
cylinder motor dua langkah kecuali
a. rongga isap
b. rongga bilas
c. rongga buang
d. sirip pendingin
20 komponen kepala silinder yang berfungsi untuk menjaga kerapatan
antara batang klep dengan bosklep supaya tidak terjadi kebocoran
oli
pada ruang bakar adalah…………………..
a. ring piston
b. seal klep
c. piston pin
d. spring valve
21 dibawah ini yang termasuk komponen sistem pendinginan kecuali……
a. Radiator
b. Water Pump
c. fuel pamp
d. Termostat
22 jenis sistem pendinginan udara paksa di aplikasikan pada type
sepeda motor………………..
a. vespa
b. jupiter
c. shogun
d. supra
23 ciri sistem pendinginan udara paksa adalah…………….
a. memiliki kipas
b. menggunakan air
c. menggunakan hembusan udara alamiah
d. memiliki radiator
24 untuk sistem pendinginan air kenapa harus menggunakan cairan
collent system yang sudah di campuran aditive
a. untuk mencegah korosi pada bagian mesin dan radiator
b. supaya wangi
c. memberikan kesan motor mewah
d. supaya cepat menghantarkan panas
25 Adanya pelumas yang masuk pada sistem pendinginan,
diakibatkan oleh
a. Naiknya tekanan oli
b. Permukaan selinder yang tidak rata
c. Turunnya tekanan pelumasan
d. Suhu pelumas tinggi
26 Untuk menaikkan titik didih cairan pendingin, pada sistem
pendinginan mesin perlu dilengkapi dengan
b. Pompa air (water pump)
c. Thermostat
d. Radiator core
e. Radiator cup
27 Bagian dari system pendingin mesin yang berfungsi mengatur
sirkulasi air ke dalam mesin adalah…
a. Kondernsor
b. Thermostat
c. Radiator
d. water pump
28 Alat untuk mengukur tekanan tutup radiator ...
a. Termometer
b. Multimeter
c. Radiator Cap Tester
d. Micrometer
29 sistem pendinginan udara alamiah adalah sistem pendinginan yang
menggunakan aliran udara yang menghembus melewati mesin sewaktu
sepeda motor berjalan, contoh pengaflikasian sistem ini di
terapkan
pada sepeda motor………………….
a. supra x
b. ninja
c. satria fu
d. jupiter mx
30 sirip-sirip pada blok mesin berfungsi untuk………….
a. penghantar panas dari mesin untuk sistem pendinginan
b. sebagai saluran udara
c. tambahan perangkat mesin
d. untuk memperbesar permukaan mesin
31 pada saat memeriksa rantai mesin dengan cara mendengarkan suara
mesin dapat di ketahui kondisi rantai mesin yang kendor akan
terdengar suara………….
a. berisik
b. mendesing
c. halus
d. nyaring
32 pengertian menyetel dan memeriksa renggang klep adalah……………
a. mengukur celah ujung batang klep dengan ujung tappet klep
b. mengukur celah rocker arm dengan cam shaf
c. mengukur celah cam shaf dengan ujung batang klep
d. mengukur celah rocker arm dengan ujung tappet klep
33 berikut ini cara mencari langkah kompresi yang benar adalah……..
a. putar rotor magnit→lihat pergerakan rocker arm IN→sesuaikan
tanda penyesuaian pada
rotor magnit dengan crank cash magnit
b. lihat pergerakan rocker arm IN→ putar rotor magnit→topkan
c. cukup melihat tanda T pada rotor magnit supaya sejajar dengan
tanda pada blok magnit
d. dengan memutar rotor magnit dengan kunci T
34 bagaimana hasil pengukuran celah kerenggangan klep yang di anggap
tepat dan benar
a. saat feeler gauge di tarik terasa agak seret,tetapi tidak dapat
di
dorong kembali
b. dengan memasukan alat ukur di antara ujung tappet dengan ujung
batang klep
c. Terdapat goresan pada
feeler gauge
d. pada saat feeler gauge di tarik harus ringan
35 pada saat menyetel contac point (pelatina) berapakah celah
kerenggangannya setandarnya
a. 0,10
b. 0,05
c. 0,25
d. 0,15
36 tingkatan panas busi dilambangkan dengan angka, bila angakanya
kecil maka busi itu tergolong pada busi type……….
a. dingin
b. panas
c. sedang
d. panas-dingin
37 berapakah celah kerenggangan busi bebek sesuai standar
ukuran pabrik
a. 0,25
b. 0,15
c. 0,30
d. 0,60 sampai 0,70
38 pada kemasan minyak pelumas terdapat kode atau hurup SAE yang menyatakan….
a. kualitas
b. kekentalan
c. mutu
d. harga
39 berapakah jarak main bebas handle kopling ,pada kopling manual…..
a. 10mm sampai 20mm
b. 10mm sampai 30mm
c. 10mm sampai 15mm
d. 10mm sampai 25mm
40 jenis kekentalan minyak pelumas single grade (kekentalan tunggal)
yaitu SAE…………
a. SAE 30
b. SAE 15
c. SAE 20W50
d. SAE 15W40
Tidak ada komentar:
Posting Komentar