Pinggir Seher Mendem, Bikin Mesin Awet
Kejadian banyak
dialami oleh mekanik yang masih pemula. Belum tahu cara menyeting
pinggir seher yang harus mendem dari permukaan atas blok.
Supaya lebih awet dan aman dari tabrakan dengan kepala silinder. Karena banyak yang belum tahu, akhirnya banyak setingan motor yang tidak awet.
Ketika awal-awal lap bisa kencang. Namun di pertengahan atau akhir lap sering motor mogok atau tenaganya drop.karena pada saat kondisi mesin sudah panas akan terjadi pemuaian sehingga
Supaya lebih awet dan aman dari tabrakan dengan kepala silinder. Karena banyak yang belum tahu, akhirnya banyak setingan motor yang tidak awet.
Ketika awal-awal lap bisa kencang. Namun di pertengahan atau akhir lap sering motor mogok atau tenaganya drop.karena pada saat kondisi mesin sudah panas akan terjadi pemuaian sehingga
apabila tidak di beri clerence ujung kepala piston bisa bersentuhan dengan bibir cylinder head.
Biang keladinya karena salah seting pinggiran seher.
“Supaya aman dibikin mendem 0,6 sampai 0,8 mm dari bibir atas blok,”
Catatan :
Mendem 0,6-0,8 mm tanpa paking kepala silinder. Tidak boleh kurang atau
tidak boleh kelewat mendem. Kalau kelewat mendem juga bikin tenaga motor
ngedrop.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar