MOTOR BAKAR
Teori Dasar Motor Bensin.
Motor
bensin termasuk ke dalam jenis motor bakar torak. Proses pembakaran bahan bakar
dan udara di dalam silinder (internal combustion engine). Motor bakar bensin
dilengkapi dengan busi dan karburator yang membedakanya dengan motor diesel .
Busi
berfungsi untuk membakar campuran udara-bensin yang telah dimampatkan dengan
jalan memberi loncatan api listrik diantara kedua elektrodanya. Karena itu
motor bensin dinamai dengan spark
ignitions. Sedangkan karburator adalah tempat bercampurnya udara dan bensin.
Campuran tersebut kemudian masuk ke dalam silinder yang dinyalakan oleh
loncatan bunga api listrik dari busi menjelang akhir langkah kompresi.
Motor
diesel tipe penyalaannya yaitu dengan kompresi, dimana pada langkah hisap hanya
udara yang dimasukkan kedalam ruang bakar dan pada sesaat menjelang langkah
kompresi berakhir bahan bakar disemprotkan dan dengan tekanan dan temperatur
yang tinggi terjadilah pembakaran. Dalam perkembangannya kedua motor bakar ini
sangat banyak digunakan baik itu dikendaraan maupun di aparatus yang lain.
Siklus
Otto(ideal) pembakaran tersebut dimisalkan dengan pemasukan panas pada volume
konstan.
Daya Poros
Daya poros
didefinisikan sebagai momen putar dikalikan dengan kecepatan putar poros
engkol.
Daya poros
diketahui dari pengukuran, dinamometer-brake digunakan untuk mengukur momen
putar dan tachometer untuk mengukur putaran poros engkol.
Tekanan Efektif Rata – rata
Tekanan efektif
rata – rata didefinisikan sebagai tekanan efektif dari fluida kerja terhadap
torak sepanjang langkahnya untuk menghasilkan kerja persiklus.
Efisiensi Termal
Efisiensi
termal menyatakan perbandingan antara daya yang dihasilkan terhadap jumlah
bahan bakar yang diperlukan untuk jangka waktu tertentu.
Efisiensi volumetrik
Efisiensi
volumetrik didefinisikan sebagai perbandingan antara laju aliran udara
sebenarnya terhadap laju aliran ideal.
Pemakaian bahan
bakar dinyatakan dalam kg/jam, misalkan pemakaian 50cc bahan bakar setiap detik
maka jumlah bahan bakar yang dipakai dalam kg/jam
Pemakaian bahan bakar spesifik
Pemakaian bahan
bakar spesifik didefinisikan sebagai banyaknya bahan bakar yang terpakai perjam
untuk menghasilkan setiap kW daya motor.
Perbandingan Bahan Bakar-Udara
Untuk menentukan perbandingan –
perbandingan bahan bakar-udara digunakan persamaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar